Berita

21 November 2019

PERPUSNAS RI Jalin Kerja Sama dengan Perguruan Tinggi di Jawa Timur


Malang, (20/11/19) – Perpusnas RI terus melakukan upaya peningkatan minat baca masyarakat Indonesia. Salah satu upaya tersebut adalah dengan menjalin kerja sama dengan 71 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan swasta (PTS) di Jawa Timur. Penandatangan ini dilakukan oleh Kepala Perpustakaan Nasional RI, Muhammad Syarif Bando dengan Rektor/Direktur PTN/PTS di sela-sela kegiatan Musyawarah Daerah IV Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi - Jawa Timur bertempat di Universitas Muhammadiyah Malang. Dalam kegiatan ini, Kepala Perpustakaan Nasional RI berkesempatan menjadi keynote speaker dengan topik “A Paradigm Shift for Library in Society 5.0”.

Ruang lingkup kerja sama itu sendiri mencakup pengembangan sumber daya manusia di bidang perpustakaan; pengembangan dan pemanfaatan aplikasi otomasi dan perpustakaan Inlislite; pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di bisang perpusdokinfo dan perluasan jejaring perpustakaan melalui pengembangan pangkalan data dan repository  digital: Indonesia OneSearch (IOS), iPusnas dan pubnlikasi ilmiah; pengembangan dan pemanfatan bersama koleksi perpustakaan; pertemuan ilmiah, penelitian dan publikasi bersama dalam bidang perpustakaan; perhimpunan dan pelestarian Karya Cetak Karya Rekam (KCKR); pelaksanaaan promosi perpustakaan dan pengembangan budaya baca.

Kerja sama ini diharapkan tak hanya memperluas jaringan kerja sama antara Perpusnas RI dengan perguruan tinggi namun juga dapat mengembangkan perpustakaan perguruan tinggi agar terpenuhinya standar nasional perpustakaan berdasar pasal 24 Undang-Undang No. 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan.

 
Reportase: Panji Pinandito


Diunggah oleh Panji Pinandito (19 March 2020)