Indonesia English

Berita

16 December 2019

PERPUSNAS RI Jalin Kerja Sama dengan Perguruan Tinggi di Jawa Tengah


Surakarta, (16/12/19) – Berbagai upaya terus dilakukan untuk meningkatkan minat baca masyarakat Indonesia, khususnya dalam memenuhi Standar Nasional Perpustakaan. Salah satu upaya tersebut adalah dengan menjalin kerja sama dengan 48 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Swasta (PTS) di Jawa Tengah. Penandatangan Kerja Sama dilakukan di sela-sela kegiatan Musyawarah Daerah Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi - Jawa Tengah Tahun 2019 bertempat di Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Ruang lingkup kerja sama tersebut mencakup pengembangan sumber daya manusia di bidang perpustakaan; pengembangan dan pemanfaatan aplikasi otomasi dan perpustakaan Inlislite; pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di bidang perpusdokinfo dan perluasan jejaring perpustakaan melalui pengembangan pangkalan data dan repository digital: Indonesia OneSearch (IOS), iPusnas dan publikasi ilmiah; pengembangan dan pemanfatan bersama koleksi perpustakaan; pertemuan ilmiah, penelitian dan publikasi bersama dalam bidang perpustakaan; perhimpunan dan pelestarian Karya Cetak Karya Rekam (KCKR); pelaksanaaan promosi perpustakaan dan pengembangan budaya baca.

Melalui kerja sama ini, diharapkan dapat memperluas jaringan kerja sama antara Perpusnas RI dengan Perpustakaan Perguruan Tinggi di Jawa Tengah. Diharapkan juga kerja sama ini dapat diimplementasikan dengan baik dan dimanfaatkan seluas-luasnya oleh masyarakat.

 
Reportase: Panji Pinandito
Fotografer: Humas Perpusnas


Diunggah oleh Panji Pinandito (19 March 2020)